JANGAN TAKUT MELANGKAH

Ir. Harmanto *)

Jiwa wirausaha sangat penting sekali dikembangkan dikalangan mahasiswa, terutama bagi lulusan fresh graduate. Berikut adalah penuturan dari Ir. Harmanto, Presiden Komisaris PT Mahkota Dewa Indonesia, sekaligus konsultan beberapa project CSR Rumah Perubahan Prof. Dr. Rhenald Kasali terkait dengan bagaimana kita mengembangkan jiwa wirausaha (enterpreneurship). Berikut penuturannya.

Peristiwa ini sudah lama terjadi tetapi masih teringat dibenak saya karena ini justru merupakan awal mula saya memasuki dunia kerja lalu setelah sekian tahun kemudian beralih menjadi wiraswata.
Saat itu saya selesai menjalani Management Trainee di suatu perusahaan swasta nasional dan mulai masuk dunia kerja sesungguhnya.

Dihari pertama selayaknya karyawan baru, saya menghadap Manajer dan menanyakan apa pekerjaan saya. Manajer saya hanya menyodorkan secarik kertas berisikan apa yang saya harus kerjakan.
Tentunya sebagai karyawan yang masih sangat hijau, saya mengajukan pertanyaan dan justru jawaban dari pertanyaan inilah yang mendasari pola kerja saya selama ini …
Saya sebenarnya bertanya sesuatu yang sederhana … “Pak, bagaimana cara mengerjakan tugas itu”, Manajer saya dengan santai lalu menjawab, “Lha kamu kan di rekrut untuk mengerjakan tugas itu, silahkan cari sendiri caranya yang menurut kamu paling baik”.

Tidak puas dengan jawaban itu lalu saya mengajukan pertanyaan lagi, “Berapa lama standard untuk menyelesaikan tugas itu pak?.” … tetap dengan gayanya yang santai Manajer saya menjawab, ”Terserah kamu, kan kamu yang mengerjakannya, kemampuan mu sampai sejauh mana ya itu yang menentukan kapan tugas itu selesai”.

Waduh, coba bayangkan seorang karyawan baru malah dikasih jawaban yang tidak jelas begitu, padahal bayangan saya kan semua tugas itu ada targetnya.
Terakhir, saya tanya lagi kepada pak Manajer yang agak nyentrik ini, “Pak, kalau saya menemukan kesulitan dalam mengerjakannya, saya boleh tanya bapak?.
Manajer saya spontan menjawab sambil senyum, “Nah kalau itu tugas saya membantu kamu memecahkan masalah, tapi bukan saya yang menghadapi masalah.”.
Percakapan ini kelihatannya sangat sepele, sederhana tetapi ini menunjukkan kepercayaan seorang atasan kepada karyawannya dan membuat saya termotivasi menghasilkan sesuatu yang terbaik yang bisa dikerjakan dan itulah yang mendasari kerja saya dikemudian hari.

Ternyata tugas itu bisa saya selesikan dengan baik dan dalam waktu cepat tanpa menggunakan “hak” saya bertanya ketika menemukan kesulitan.
Bila kita bekerja, dimanapun kerja kita, sering kita jumpai dan diharuskan menangani pekerjaan yang memang harus dicari sendiri bagaimana pemecahannya atau bagaimana mengerjakannya, seringkali memang kita merupakan orang pertama yang mengalami hal tersebut, tidak ada yang bisa ditanyai bagaimana mengatasinya … kecepatan, kreativitas dan kemampuan kita memang diuji setiap saat … bila kita sudah terbiasa dengan situasi seperti ini maka ini akan menjadikan kita mampu bekerja dimana saja, baik dalam arahan atasan ataupun saat kita harus mengarahkan bawahan kita.
Pada prinsipnya semua orang ingin maju, semua ingin berhasil, hanya kadang tidak mengerti bagaimana caranya atau takut melakukan sesuatu, nah bila tiba saatnya anda harus melakukan sesuatu yang mungkin belum pernah dilakukan orang lain, jangan takut mengerjakannya sebaik mungkin, anda akan mendapatkan pengalaman baru yang berguna untuk masa depan anda karena apa yang sudah anda lakukan itu merupakan latihan anda menuju sukses.
Sampai sekarang saya masih teringat percakapan diawal tulisan ini karena itu sangat menentukan langkah saya sampai saat ini.

Demikian dituturkan Ir. Harmanto kepda CDC FMIPA beberapa waktu yang lalu. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kita.

*) Ir. Harmanto, Presiden Komisaris PT Mahkota Dewa Indonesia, sekaligus konsultan beberapa project CSR Rumah Perubahan Prof. Dr. Rhenald Kasali

This entry was posted in ARTIKEL. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>